Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

8 Tips Membeli Kamera Digital Untuk Pemula

Teknologi Kamera Digital terbaru semakin memberikan kemudahan pada penggunanya. Dengan bermacam fitur pengeditan yang dimiliki menjadikan semua orang bisa menjadi fotografer handal. Untuk kamu yang ingin memiliki Kamera Digital bisa lihat tips berikut ini sebelum membelinya.

Ada dua macam Kamera Digital untuk kamu ketahui, kamera kompak yang disebut juga sebagai kamera saku (pocket camera) dan digital SLR (DSLR). Masing-masing kamera tersebut memiliki kelebihan yang berbeda. Dari kelebihan tersebut dapat kita sesuaikan apa yang dibutuhkan. Melalui panduan membeli kamera digital berikut ini semoga bisa membantu kamu memutuskan untuk membeli kamera seperti apa.

Perbandingan Kamera Digital

Tips Membeli Kamera Digital
Jika kamu mempertimbangkan dari segi ukuran, kamera DSLR cenderung besar tidak seperti kamera kompak/ kamera saku yang pastinya muat di dalam kantong. Kamera DSLR memiliki lensa terpisah, bisa dipasang dan dicopot untuk menyesuaikan jarak yang diinginkan juga bisa menghasilkan kualitas foto yang sangat bagus. Ukuran lensa yang menonjol membuat DSLR terlihat besar, tidak seperti kamera saku yang lensanya tertanam. Jika kamu hanya menginginkan hasil foto yang standar maka kamera kompak bisa menjadi pilihan, namun jika pertimbangan kualitas foto yang tinggi maka kamera DSLR patut kamu miliki. Untuk melihat harga kamera digital terbaru bisa klik disini.


1. Zoom Kamera

Jika kamu akhirnya memilih untuk membeli kamera kompak, dan karena macam kamera kompak juga banyak maka hal yang perlu dipertimbangkan untuk memilih adalah kemampuan Zoom yang dimilikinya. Sebuah kamera ada yang memiliki kemampuan 30x pembesaran namun sesuai juga dengan kemampuannya, harga kamera pastinya juga mengikuti alias mahal. Sebelum membeli coba dulu kemampuan masing-masing kamera yang menarik untukmu dengan mengambil foto beberapa obyek di toko kamera tersebut.

2. Resolusi Kamera
Pertimbangkan juga kemampuan kamera dalam menghasilkan resolusi, berapa mega piksel yang mampu dihasilkannya. Sebenarnya kamu hanya membutuhkan sekitar 6-8 mega piksel untuk bisa print foto ukuran 8 hingga 10 inci, namun semakin besar mega piksel yang dihasilkan begitu juga kualitas dari hasil foto tersebut. Dengan piksel yang besar, ketika foto tersebut kamu Crop maka hasilnya akan tetap bagus ketika dicetak. Ada juga kamera kompak yang kini bisa menghasilkan hingga 20 mega piksel dan tentunya hasil foto akan bagus, namun sebagai pertimbangan untuk membeli kamera, jangan hanya berdasar pada besarnya mega piksel yang mampu dihasilkan. Masih banyak lagi faktor yang perlu diperhitungkan.

3. Eksposure Kamera
Sebagian besar kamera memiliki fitur eksposure, dengan mode ini kamu bisa mengatur berapa paparan cahaya yang akan diterima oleh sensor untuk mendapatkan seberapa terang yang kamu inginkan. Cek terlebih dahulu mengenai mode eksposure yang dimiliki kamera tersebut. Ada dua fungsi yang bisa kamu gunakan untuk mendapatkan eksposure yakni Shutter dan Aperture. Beberapa kamera telah dilengkapi dengan mode otomatis untuk mengatur tingkat eksposure. Jika kamu ingin lebih kreatif dalam pengaturan terang maka bisa mengubah ke mode manual dan melakukan setting pada Shutter dan juga Aperture.

4. Efek Kamera
Saat ini banyak kamera yang menyisipkan efek-efek tertentu sehingga membuat semakin kaya fitur. Beberapa efek tersebut antara lain Landscape, Snow, Twilight, Sunset, dan masih banyak lagi. Kamu bisa lebih kreatif dengan efek-efek tersebut saat menghasilkan foto.

5. Video Kamera
Satu hal lagi yang perlu diperhatikan adalah kemampuan kamera digital untuk merekam dan menghasilkan video. Kamu bisa lihat apakah kamera tersebut memiliki fitur merekam dengan kualitas High Definition (HD). Jika ada berarti kamera tersebut mendukung untuk merekam gambar dengan kualitas yang tajam. Perhatikan juga bagaimana kemampuan merekam suara yang dimilikinya.

6. Flash Kamera
Cek dan bandingkan terlebih dahulu mengenai fitur flash yang dimiliki kamera tersebut. Apakah kamera tersebut memiliki fitur red eye untuk meminimalkan efek flash yang membuat mata merah pada hasil tangkapan foto.

7. Shutter Lag Kamera
Saat mencoba di toko kamera, bisa kamu bandingkan shutter lag setiap kamera yang kamu akan beli. Maksud shutter lag disini adalah berapa lama respon kamera untuk memproses jepretan ketika kamu menekan tombol shutter.

Tips Sebelum Membeli Kamera Digital:

Jika kamu tidak memiliki kesempatan untuk mencoba langsung kamera yang ingin kamu beli untuk sekedar mengetesnya, kamu bisa browsing terlebih dahulu untuk melihat review kamera digital dan membaca komentar dari mereka yang telah menggunakannya. Sekian dulu tips untuk membeli kamera digital untuk pemula yang bisa saya bagikan dan semoga bermanfaat.