Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Memindahkan Aplikasi BBM Ke Kartu Memori Eksternal Tanpa Partisi

Mengenai bagaimana cara memindahkan aplikasi BBM ini bermula saat saya ingin memindahkan beberapa aplikasi yang cukup besar ke kartu memori eksternal agar bisa tersedia ruang untuk mendownload aplikasi lainnya. Saat itu saya ketahui ternyata BBM secara default tidak bisa dipindahkan ke kartu SD, lalu bagaimana caranya? Ikuti langkah-langkah mudahnya berikut ini.

Memindahkan BBM Ke Kartu Memori

Untuk bisa memindahkan aplikasi BBM atau aplikasi lainnya dimana opsi pilihan untuk memindahkan ke kartu memori eksternal atau SD Card tidak tersedia, pertama kali yang harus kamu lakukan adalah menjadikan hp android kamu memiliki status sudah di-Root. Lalu bagaimana cara untuk Root android kamu? Tenang saja, lihat artikel sebelumnya tentang Cara Mudah Root Hp Android.

Setelah selesai membuat hp android kamu menjadi status Root, langkah berikutnya buka Playstore kemudian download aplikasi Link2SD dengan Klik Disini. Mengenai aplikasi ini, fungsinya untuk membuat jalinan hubungan aplikasi yang tersimpan di dalam kartu memori eksternal dengan mesin utama android agar tetap bisa dijalankan dari memori eksternal.

Biasanya, kalau hanya instal aplikasi Link2SD saja maka akan dibutuhkan kartu memori eksternal yang sudah partisi menjadi 2 bagian untuk bisa memindahkan aplikasi tertentu. Akan muncul peringatan bahwa kartu perlu dipartisi terlebih dahulu setiap BBM akan dipindahkan. Namun hanya dengan Baidu Root ini kamu tidak perlu partisi kartu memori untuk bisa menggunakan Link2SD memindahkan aplikasi seperti BBM atau aplikasi lain yang default tidak bisa dipindahkan.

Jika kamu bermaksud untuk memindahkan aplikasi sistem bawaan dari perangkat android kamu ke kartu memori eksternal tetap bisa tapi harus melakukan partisi terlebih dahulu. Namun tidak saya sarankan kamu memindahkan aplikasi sistem bawaan android untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan muncul secara tidak terduga, seperti memori eksternal kamu tiba-tiba tidak bisa dibaca. Nah..bisa kacau dan pastinya tambah repot nantinya.

Memindahkan Aplikasi BBM

Untuk bisa memindahkan aplikasi BBM yang secara default tidak bisa dipindahkan ke kartu memori eksternal, disinilah dibutuhkan peran status Root hp android kamu. Setelah 2 aplikasi tersebut sudah terinstal langkah berikutnya adalah memberi akses SuperUser kepada Link2SD menggunakan Baidu Root.

Buka Baidu Root, kamu akan lihat 3 opsi yang tersedia di bawah lalu Pilih Opsi Yang Ditengah. Setelah itu akan muncul kembali 3 opsi, pilih lagi Opsi Yang Ditengah. Disitu akan muncul daftar aplikasi yang terdapat Link2SD dengan tombol On Off. Ganti status Link2SD dengan On.

Untuk memindahkan BBM ke memori eksternal, buka Link2SD dan lihat daftar aplikasi yang ada. Pilih BBM dan Klik Tombol Pindah Ke Kartu. Selesai.. Coba cek di menu aplikasi dan lihatlah, BBM kamu sudah berpindah ke kartu memori eksternal SD Card.

Rangkuman

Yang perlu kamu lakukan :

  1. Instal Baidu Root
  2. Ubah Status Root Android
  3. Instal Link2SD
  4. Ubah Status Link2SD di Baidu Root
  5. Pindah BBM Melalui Link2SD


Saya harap penjelasan mengenai bagaimana cara memindahkan aplikasi BBM ke kartu memori eksternal tanpa partisi diatas cukup membuat kamu mengetahui langkah yang perlu dilakukan.

Update 04 Mei 2016:

  • Revisi tautan Link2SD di Google Play